July 25, 2024

Wujud Peduli Lingkungan, PLN UIP SBU Gandeng Stakeholder Gelar Employee Green Involvement

0

Jurnalistrik-Medan :Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional tahun 2024, PLN UIP SBU menggandeng stakeholder disekitar kantor untuk menggelar Employee Green Involvement, Rabu 5 Juni 2024.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Sungai Babura, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan itu, hadir jajaran manajemen PLN UIP SBU antara lain General Manager Hening Kyat Pamungkas, SRM OPK 1 Ivan Prasetyo Darmawan, SRM OPK 2 Nanda Dani Andrianto, SRM PPK Alfredo Pakpahan, SRM KAU Tomu Murniaty Sibarani, SRM REN Hidbar Roberta Saragih dan para pegawai UIP SBU.

Sedangkan hadir dari stakeholder yakni Camat Medan Polonia Irfan Asardi Siregar, S.Sos, Kepala Puskesmas Polonia dr. Cut Elmi Harmiyanur, M.Kes, Lurah Anggrung Esha Doly Syahputra Ohara, ST
Lurah se-Kecamatan Medan Polonia
Perwakilan Babinsa, Babinkamtibmas, Babinpotdirga, Ketua Karang Taruna Kelurahan Anggrung Sutoyo
Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Kelurahan Anggrung, Komunitas Gemuruh Outdoor Activity dan Komunitas Pandawa.

Pantauan di lokasi kegiatan, setelah bertolak dari Kantor PT PLN (Persero) UIP SBU di Jalan Dr Cipto No 12, Medan Polonia, kemudian seluruh volunteer berjalan sehat menuju titik pembersihan pertama di jembatan jalan Mongonsidi. Sebelum bertolak, Manajer K3L UIP Sumbagut Bayu Wisatrioda melakukan safety induction kepada seluruh peserta.

Volunteer yang terbagi menjadi 2, yaitu tim yang membersihkan sampah menyisir Sungai Babura menggunakan perahu. Kemudian tim lainnya membersihkan bagian tepi Sungai Babura yang juga dipenuhi sampai baik sampak organik maupun an-organik. Kegiatan ini juga tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek keselamatan K3.

Kemudian tim menuju titik kedua di Taman Kota PLN jalan Sudirman, kegiatan dilanjutkan dengan pemilahan sampah kemudian penimbangan sampah. PLN bersama seluruh kolaborator berhasil membersihkan Sungai Babura dan mengumpulkan sampah organik sebanyak 125 kg serta sampah anorganik sebanyak 676 kg.

Kemudian, sampah yang sudah dipilah kemudian diserahkan PLN kepada komunitas untuk diolah menjadi barang bernilai guna yaitu pupuk dan kerajinan tangan yang unik.

Pada kesempatan itu, GM PLN UIP SBU Hening Kyat Pamungkas menyampaikan, kegiatan merupakan bentuk partisipasi PT PLN (Persero) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional tahun 2024 serta wujud kontribusi PLN dalam pengurangan sampah di Indonesia

“Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini PLN UIP SBU ingin memberikan langkah nyata terjun ke masyarakat dan berkolaborasi melalui penanganan sampah terutama di Sungai Babura Kelurahan Anggrung ini,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Hening, tidak hanya membersihkan sampah, nantinya pihaknya juga akan mengolah sampah itu untuk menjadi barang yang berguna kembali bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kolaborasi kita dengan Pemerintah Daerah ini terus berjalan harmonis demi tercapainya pembangunan sistem kelistrikan yg handal dan juga ramah lingkungan,” pungkasnya. (Ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *