June 23, 2024

TL 150 kV Perbaungan-Kualanamu ditargetkan Selesai Akhir Juni 2023, Sistem Kelistrikan KNIA Semakin Andal

0

Bentangan tower SUTT TL 150 kV Perbaungan-Kualanamu yang siap membuat sistem kelistrikan di KNIA semakin andal/foto : ist

Jurnalistrik-MEDAN : PLN UIP Sumbagut menargetkan akan menuntaskan proyek pembangunan TL 150 kV Perbaungan – Kualanamu pada akhir Juni 2023 ini.

Terdiri dari 28 tower, jaringan SUTT itu terbentang dari GI Perbaungan di Desa Batang Terap, Kec. Perbaungan, Kabupaten Sergai sampai ke GI Kualanamu di Desa Sidodadi, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang.

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha mengatakan, manfaat dari TL 150 kV ini antara lain untuk menambah keandalan sistem pada GI Kualanamu, yang sebelumnya hanya ditransfer dayanya dari GI Tanjung Morawa.

“Selama ini kualanamu international airport (KNIA) atau bandara Internasional kualanamu disupport oleh GI Kualanamu dan GI Sei Rotan melalui SUTM 20 kV. Namun untuk GI Kualanamu saat ini hanya menerima transfer daya dari GI Tanjung Morawa, tidak memiliki cadangan evakuasi daya dari GI lainnya, sehingga untuk menambah keandalan sistem di GI Kualanamu dibangun jalur transmisi baru ke arah GI Perbaungan, selain itu pembangunan SUTT Perbaungan Kualanamu juga turut meningkatkan keandalan pemenuhan kebutuhan listrik kepada masyarakat,” sebutnya.

“Saat ini progres pekerjaan sudah 96%. Dan yang paling utama, sistem kelistrikan di Bandara Internasional Kualanamu akan semakin andal dengan selesainya proyek tersebut,” pungkasnya. (Ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *