July 25, 2024

Dukung Pelatihan Jaringan Irigasi, Program TJSL PLN Salurkan Bantuan di Kabupaten Toba

0

Kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi di Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba dukungan program TJSL PLN/foto : ist

Jurnalistrik-TOBA : Wujud kepedulian terhadap masyarakat di sekitar proyeknya, terus dilakukan PLN UIP SBU. Salah satunya untuk masyarakat di sekitar mega proyek PLTA Asahan 3.

Hal itu tercermin saat PLN melalui program TJSL tahun 2023 menyerahkan dana bantuan untuk Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi di Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Selasa, 27 Juni 2023.

Dalam kegiatan yang digelar di Kantor Desa Meranti Utara, hadir sejumlah stakeholder dan penerima manfaat diantaranya Kepala Desa Meranti Utara Walter Siagian, Ketua BPD Meranti Utara Kennedy, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Toba Jusmar Simamora, Perangkat Desa dan BPD Meranti Utara serta staf Dinas PUPR Kabupaten Toba.

Sedangkan dari pihak PLN tampaj hadir Manager UPP Sumbagut 4 Parlindungan, Asman Perizinan dan Umum Andhono Yekti,  TL Keu & Adm Zulham Efendi Hasyim dan TL Perizinan dan Pertanahan Sabri Firnando Siboro.

Ditemui terpisah, GM PLN UIP SBu Octavianus Duha menyampaikan, program TJSL tersebut disalurkan untuk membantu masyarakat/petani dalam menjaga kearifan lokal Raja Bondar.

Selain itu, lanjut Octa, juga untuk membantu masyarakat/petani dalam pengelolaan irigasi yang baik berbasis kearifan lokal Raja Bondar dan manfaat dari pelatihan ini, nantinya agar masyarakat dapat mengelola irigasi yang dibuat oleh PLN terkait pembangunan Proyek PLTA Asahan 3.

“Tentunya juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat dan perangkat desa terdampak proyek serta mendapatkan dukungan dari masyarakat desa khususnya yang tersentuh dengan bantuan yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung,” paparnya.

Sementara itu, Ketua BPD Meranti Utara Kennedy mengaku sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian PLN.

“Harapannya pelatihan atas dukungan PLN ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Meranti Utara khususnya sehingga lebih memahami tentang irigasi dan akhirnya bisa meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *