Pegawai di PDKB UP3 Lubukpakam Tewas Kesetrum Listrik, Manajemen PLN Bungkam

0

Foto : ilustrasi

Jurnalistrik-DELISERDANG : Gerakan aksi tutup mulut serentak sepertinya dilakukan jajaran manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Utara (UID Sumut) dan jajarannya, pasca tewasnya Isnan Hamid Zebua, pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubukpakam pada Jumat, 21 Juli 2023 lalu, setelah tersengat listrik bertegangan tinggi 20 kV.

Karena hingga hampir 2 pekan hari pasca kejadian, tidak satu pun jajaran manajemen mulai dari level atas hingga ke bawah, yang buka suara menjelaskan ke publik terkait kejadian yang telah merenggut nyawa korban secara tragis.

Redaksi media ini sudah mencoba melakukan konfirmasi melalui pesan singkat whatsapp Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto, VP di PLN Pusat Taufik Hidayat yang mengurusi K3, GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid sampai Manager PLN UP3 Lubukpakam Darwin Simanjuntak. Ironisnya, tak satu pun yang menjawab konfirmasi terkait kematian pegawainya tersebut.

Belakangan tersiar kabar, dalam kasus ini, pihak PLN diduga berusaha ‘cuci tangan’ lewat klaim bahwa kecelakaan kerja itu terjadi akibat kesalahan korban sendiri yang tak menjalankan SOP sesuai aturan K3. Seluruh pegawai juga dilarang memosting apapun terkait kematian korban, meski hanya sekadar ucapan duka.

Seperti diketahui, Isnan Hamid Zebua tewas seketika saat beraktifitas melakukan pemeliharaan jaringan bersama timnya di bagian Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Sedangkan satu pegawai lainnya bernama M Apip Muttaqin (36), dikabarkan selamat dari maut meski terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena ikut kesetrum bersama korban. Kini ia menjalani perawatan intensif di RS Colombia Asia karena mengalami luka bakar serius di bagian tangan.

Sebelumnya, meski PLN selalu mengaku mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap kinerjanya, ternyata perusahaan BUMN belum secara maksimal menerapkannya.

Terbukti, kecelakaan kerja masih terus terjadi. Fatalnya lagi, kejadian itu sampai merenggut nyawa pegawainya sendiri.

Kisah tragis itu pula yang dialami Isnan Hamid Zebua, pegawai PLN UP3 Lubukpakam. Pria 29 tahun yang bertugas di bagian PDKB itu tewas mengenaskan karena kesetrum listrik saat bertugas pada Jumat (21/7/2023) lalu.

Informasi dihimpun, penduduk Jalan Amal Bakti, Gang Sepakat Pasar 7 Tembung, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang itu, tewas tersengat listrik saat bertugas melakukan perawatan jaringan di wilayah kerja ULP Tanjungmorawa. (TIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *