PLN Gandeng PW IWO Sumut, Gelar Pelatihan Jurnalistik di Kampus UMA

Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana, M.Si bersama Ketua PW IWO Sumut Yudhistira menandatangani MoA sebagai tindaklanjut program TJSL PLN dalam pelatihan jurnalistik/foto : ist

Jurnalistrik-MEDAN :  PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut) melalui program PLN Peduli, kembali menggandeng Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Sumatera Utara (PW IWO Sumut) dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pembekalan jurnalistik bagi mahasiswa tingkat akhir, Rabu (24/5/2023).

Setelah melakukan kegiatan serupa di sejumlah kampus di Kota Medan, kali ini program PLN Peduli menggelar pelatihan bagi mahasiswa Fisipol Prodi ilmu Komunikasi Universitas Medan Area (UMA)

Mewakili GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha, Officer komunikasi & TJSL Revan Adhan dalam kata sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan event reguler pihaknya bersama PW IWO Sumut yang sudah dilaksanakan di beberapa kampus.

“Harapannya, apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya tingkat akhir yang ingin serius dalam bidang jurnalistik. Sehingga pelatihan yang merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini dapat menjadi modal ketika mahasiswa akan terjun ke lapangan,” ucapnya.

Senada dengan hal itu, Ketua PW IWO Sumut Yudhistira Adi Nugraha mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang terus memberi kepercayaan kepada IWO untuk mendukung program PLN Peduli dalam bidang pelatihan.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terus berkesinambungan dan apa yang diperoleh sejumlah mahasiswa dari pelatihan menjadi stimulan dan dari mereka ada yang sudah serius terjun menjadi jurnalis,” ucap Yudhis.

Sementara, Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana, M.Si mengaku sangat bersyukur dan senang IWO Sumut bersedia hadir di UMA untuk memberikan pelatihan jurnalistik dengan menghadirkan narasumber mumpuni.

“Semoga pelatihan ini dapat berlangsung dengan baik, sukses dan narasumber dapat menyampaikan ilmunya dengan baik, serta mahasiswa dapat menerima ilmunya dan aktif bertanya,” ucapnya.

Pembukaan pelatihan ini juga ditandai dengan penadatangan Memorandum og Agreement (MoA) antara Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana M.Si dengan Ketua PW IWO Sumut Yudhistira Adi Nugraha. Turut mendampingi Wakil Dekan I Dr Nadra Ideyani Vitta, M.Si dan Wakil Dekan III Dr Dedi Syahputra, M.I.Kom.

Sementara, 3 pemateri yang hadir diantaranya Amri Abdi (pelatihan dasar jurnalistik), Ade Ardianta Harahap, M.Ikom (praktisi media sosial) dan Boy Kadri Tarigan (teknik dasar fotografi).

Sepanjang kegiatan, para mahasiswa tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan nara sumber. Apalagi saat panitia dari IWO Sumut turut memberikan hadiah bagi kelompok yang mampu membuat berita yang baik sesuai dengan teknik penulisan yang benar. (Ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *